Di Hadapan Komisi III, Mahfud MD Pastikan Kawal Kasus Sambo Sampai Tuntas

mahfud md

JAKARTA, crowdpainter.com – Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Prof Mohammad Mahfud MD menyatakan bahwa dirinya akan mengawal terus kasus pembunuhan berencana Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) yang melibatkan Irjen Pol Ferdy Sambo, eks Kadiv Propam Polri yang dicopot karena berstatus sebagai tersangka.

“Ini akan terus mengawal kasus Sambo ini,” kata Mahfud MD saat menghadiri RDP Komisi III dengan Kompolnas, LPSK dan Komnas HAM di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/8).

Ia mengatakan bahwa pengawasan penanganan kasus ini tidak hanya selesai di Kepolisian saja, Mahfud yang juga sebagai Menko Polhukam pun akan mengawal kasus ini sampai di tingkat Kejaksaan.

“Mungkin Kompolnas bisa selesai tugasnya, tapi saya juga mengawasi di Kejaksaan sesudah ini. Kalau main-main di situ ya saya teriak lagi kalau masih ada yang belok-belokan di situ, sampai nanti masuk ke Pengadilan,” ujarnya.

Kemudian, untuk jangka menengahnya terkait dengan institusi Polri, Mahfud MD akan membuat cacatan penting berupa memorandum kepada lembaga penegak hukum agar menjadi bahan koreksi dan perbaikan secara menyeluruh.

“Jangka menengahnya, kita menyiapkan memorandum untuk pembenahan Polisi secara internal, memorandum disusun dari peristiwa (pembunuhan) ini, dari sidang DPR hari ini dengan saya ini, saya catat dan jadi bagian dari memorandum. Kemudian dari satu berkas yang disampaikan purnawirawan-purnawirawan Polri bintang 2, bintang 3, bintang 4, tapi untuk pembenahan internal,” terangnya.

Hasil dari memorandum ini dikatakan Mahfud akan berkaitan dengan pembenahan manajerial di korps Bhayangkara itu.

“Misal, reposisi dan seterusnya, itu akan ada memorandum,” sambungnya.

Lalu, Mahfud MD juga menggarisbawahi, memorandum tersebut tidak akan melangkah terlalu jauh apalagi bertendensi politis.

“Kalau ada yang menginginkan Kapolri harus di bawah Menteri, itu agenda lain, agenda politik bapak-bapak. Yang Sambo, kita udah anggap cukup peran Kompolnas itu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.