Kunci Tenang dan Sehat Adalah Dzikir dan Takwa kepada Allah SWT

mahfud md

JAKARTA, crowdpainter.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD menyampaikan kepada umat Islam agar selalu berdzikir kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Karena salah satu manfaat yang sangat besar dari berdzikir adalah ketenangan jiwa. Mahfud menyampaikan, barang siapa yang terus bermunajad dan berdzikir kepada Tuhannya, maka hidupnya akan tenang.

“Orang yang selalu berdzikir kepada Allah itu hatinya akan tenang,” kata Mahfud MD saat memberikan khotbah jumat di Masjid Ainul Yaqin Universitas Islam Malang (UNISMA), Jumat (23/9).

Dan cara ini yang selama ini ia juga lakukan sepanjang hari. Tidak melepas dzikir agar apapun yang dikerjakan tetap mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, dan hati pun merasa tenang.

“Karena Allah berfirman ; ‘Ingatlah kalau engkau itu selalu berdzikir kepada Allah, hatimu akan tenang’,” ucapnya.

QS Ar-Ra’d ayat 28 ;
الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ
“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”.

Mahfud juga mengatakan bahwa dzikir adalah langkah yang tepat untuk membuat diri merasa bahwa Allah SWT selalu memantau semua gerak gerik hamba-Nya.

“Itu bagain dari dzikir, saya selalu diingatkan selalu dimonitor oleh Allah,” tandasnya.

Lebih lanjut, guru besar ilmu hukum tata negara dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu menyampaikan, bahwa selain dzikir, meningkatkan rasa takwa kepada Allah SWT adalah kunci ketenangan batin. Sebab, orang yang bertakwa akan terjaga kesehatannya.

“Jadi kunci yang pertama bertaqwa, diri kita sehat dan kesehatan itu lebih penting dari harta maupun kedudukan,” tuturnya.

Maka, harta sebanyak apapun yang dimiliki seseorang, pada dasarnya kesehatan adalah nilai yang termahal.

“Banyangkan, orang tidak sehat hartanya banyak dan ndak bisa dimanfaatkan karena dia sakit, tidak sehat. Jaga kesehatan melalui taqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” sambung Mahfud MD.

Kemudian, dampak yang baik dengan adanya kekuatan takwa adalah merasa tenang dan nyaman. Sebab apapun yang dikerjakan akan merasa selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Takwa itu akan merasa aman dan nyaman. Orang yang bertakwa itu sudah tahu, apapun saya katakan, sesuatu yang saya perjuangkan (adalah) sesuatu yang benar, saya melakukan sesuatu yang benar karena saya tidak berbuat salah, saya merasa tidak tersandera oleh apapun, saya bersama Allah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.