Penangguhan Penahanan Roy Suryo Ditolak Polisi

endra zulpan

JAKARTA, crowdpainter.com – Polda Metro Jaya menyatakan penolakannya terhadap permohonan penangguhan penahanan terhadap tersangka kasus dugaan penistaan agama, Roy Suryo.

Dengan demikian, Roy Suryo tetap akan ditahan di dalam Rutan Polda Metro Jaya hingga perkaranya siap disidangkan.

“Terkait Roy Suryo, jadi permohonan penangguhan penahanannya itu sampai saat ini tidak dikabulkan oleh penyidik,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Jumat (12/8).

Roy Suryo ditahan sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur sejak Jumat (5/8). Dia ditahan selama 20 hari di Rutan Polda Metro Jaya.

Sehari berselang, tim pengacara Roy Suryo mengajukan permohonan penangguhan penahanan. Saat itu tim kuasa hukum menyebut kondisi kesehatan Roy Suryo sebagai alasan diajukannya penangguhan penahanan.

Zulpan mengatakan ditolaknya permohonan penangguhan Roy Suryo atas dasar pertimbangan penyidik. Dia belum memerinci soal pertimbangan penyidik dalam menolak permohonan Roy Suryo tersebut.

“Jadi penangguhan penahanan tidak dikabulkan karena pertimbangan penyidik,” terang Zulpan. “Di dalam undang-undang kan dijelaskan pertimbangan penyidik itu bisa takut tersangka menghilangkan barang bukti, tersangka melarikan diri. Macam-macamlah. Masyarakat bisa menilai, ya,” tambahnya.

Selanjutnya, Roy Suryo kini telah menjalani penahanan selama sepekan di Rutan Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur. Polisi memastikan tidak ada perlakuan khusus yang diberikan selama ini kepada Roy Suryo.

“Nggak ada itu nggak ada perlakuan khusus. Dia ditahan di tahanan Krimum,” kata Zulpan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.